Pasir dan Buih Kehidupan

“Butiran pasir terhampar luas mememenuhi sisi-sisi pantai. Air laut terlihat riang berkejaran. Buih-buih pun berhamburan. Pasir, air laut, dan buih adalah bahasa kehidupan. Keberadaannya memberi hikmah bagi kehidupan. Aku pun terpana dibuatnya akan makna yang dikandungnya.” ~ Arda Dinata ~

Saya yakin Anda sudah pernah jalan-jalan ke pantai. Di sana Anda akan menemui hamparan pasir, air laut, dan gumpalan buih yang begitu luas sepanjang mata memandang.

Pantai itu tidak saja menawarkan wisata yang menyegarkan pikiran, tapi juga mengandung aneka pelajaran kehidupan. Hikmah pantai begitu menggoda bagi yang mau selalu belajar kehidupan.

Coba saja Anda lihat dari pasir yang ada di pantai. Sungguh karunia Tuhan yang tidak bisa dihitung berapa banyak butiran pasir itu. Ada aneka hikmah dari pasir ini, misalnya pasir itu merupakan lapisan tanah yang banyak mengandung air. Bila kita membuat sumur bor, keberadaan pasir menjadi indikator kalau di daerah itu ada sumber air.

Selain itu, pasir pantai merupakan bahasa Tuhan bahwa bila kita menghitung nikmatnya, maka tidak akan mampu menulis dan menyebutkannya. Namun, bila kita mensyukuri atas nikmat tersebut, maka janji Tuhan nikmat kita akan ditambah.

BACA JUGA:  Laporan Kinerja Kesehatan lingkungan

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!