Andakah Kualifikasi Pemimpin Dambaan Rakyat?

“Pemimpin itu tidak identik dengan penguasa. Pemimpin demokratis itu bukanlah yang patuh pada suara terbanyak, tapi pada kebenaran. Pemimpin itu harus memahami dan mengetahui kebutuhan warga yang dipimpinnya.” ~Arda Dinata~

Orang sering menganggap pemimpin itu identik dengan penguasa. Buktinya perilaku pemimpin kadangkala bertingkah seenaknya sendiri, padahal anggapan itu sama sekali keliru. Pemimpin itu memegang amanah umat yang dipimpinnya, otomatis kebebasannya dibatasi aspirasi dan tanggung jawab kepada umatnya. Allah berfirman dalam QS. 4: 58, “Sungguh, Allah menyuruh kamu menyampaikan amanah kepada yang berhak (yaitu jabatan tanggung jawab kepada orang yang dapat dipercaya)….”

http://www.ardadinata.com/2015/07/andakah-kualifikasi-pemimpin-dambaan.html

Begitu pun, pemimpin demokratis, bukanlah yang patuh pada suara terbanyak. Tapi, ia patuh kepada Allah dan RasulNya, serta mendengarkan pendidikan yang membawa dirinya kepada Allah dan rakyatnya.

Untuk itu, pemimpin harus mengetahui dan memahami betul permasalahan dan kebutuhan umatnya. Yang terpenting lagi, ia haruslah orang yang terbaik (mulia) dan paling takwa di antara anak bangsa. Allah menyatakan dalam Alquran, “… Sesungguhnyalah, orang yang paling mulia di antara kamu dalam pandangan Allah ialah orang yang paling takwa….” (QS. 49: 13).

Lebih jauh, bila kita renungkan dari ayat tersebut, bahwa manusia diciptakan dari seorang laki-laki dan perempuan, dijadikan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling kenal mengenal. Hal ini berarti, kita diharuskan untuk saling tegur sapa, saling menghargai, saling kerjasama berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Perilaku model demikian, secara kolektif dapat pula dikembangkan dalam arti sepakat secara bijaksana untuk memajukan bangsa dan negara. Yakni membangun masyarakat madani, mengatasi segala bentuk hambatan dan kemerosotan pembangunan. Bentuknya, bisa kemalasan, kemiskinan, kebodohan maupun masalah korupsi, kolusi dan nepotisme.

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!