Menuju Perilaku Lebih Baik dan Bermakna

“Manusia hidup harus bermakna. Makna hidup itu bila bermanfaat buat sebanyak-banyaknya orang. Wujud kebermanfaatan itu terwujud dalam perilaku yang baik dalam hidup keseharian.” ~Arda Dinata~

http://www.ardadinata.com/2015/07/menuju-perilaku-lebih-baik-dan-bermakna.html
Menuju Perilaku Lebih Baik dan Bermakna

Manusia patut berbahagia bila dirinya bermanfaat bagi sebanyak-banyaknya orang. Kebermanfaatan itu di buktikan dalam perilaku keseharian.

Manusia itu makhluk multi dimensional. Artinya, keberadaannya, didukung dengan empat perlengkapan dimensi. Yaitu dimensi fisik (badan), psikis (jiwa), sosial (lingkungan, masyarakat), dan spiritual (hubungan dengan pencipta).

Itulah, yang menjadi alasan dan dasar kenapa kita dinamakan manusia yang berkualitas. Dalam hal ini, berkualitas itu berarti sebagai manusia yang bermutu (siap pakai), kritis, kreatif, konstruktif (membangun), dan bertanggungjawab secara universal.

Pada tataran ini, Emile Durkheim menyatakan, ada tiga esensi yang menyusun perilaku lebih baik dan bermakna. Tepatnya, keadaan tersebut dikatakan sebagai manusia bermoral. Artinya, attidue-nya dilandasi oleh tiga unsur esensi (konsisten, disiplin, dan otonomi).

BACA JUGA:  Tumbuh Terus Bernyawa

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!