Apakah Anak Anda Suka Menulis?

oleh: Nilna Iqbal  

Suatu hari, seorang ibu bertanya pada saya, apakah anaknya yang masih berusia 6 tahun sudah bisa belajar menulis (mengarang)?   Sejenak saya tertegun. Saya membuka kursus menulis memang sudah lama, sejak tahun 1990. Tapi semua peserta yang saya bimbing umumnya kalangan remaja dan mahasiswa. Baru sejak tahun 2004 saya mulai mengajar untuk orang dewasa kantoran (perusahaan/instansi). Namun saya belum pernah membimbing anak-anak apalagi yang masih TK. Itu sebabnya saya tertegun.

Tetapi selama saya berinteraksi dengan para mahasiswa saya ataupun para dosen, manager, eksekutif yang ikut kelas saya …ada satu kalimat yang paling sering keluar dari mulut mereka.    Tampaknya kalimat itu telah jadi paradigma yang begitu kuat terbenam dalam bawah sadar mereka, yaitu: menulis itu susah, menulis itu perlu bakat. Bahkan bagi kebanyakan orang, ungkapan itu “sudah jadi sebuah kebenaran”.

Pertanyaannnya, dari mana datangnya paradigma itu? Sejak kapan? Mengapa ia kita percayai?

BACA JUGA:  8 Kiat Menyelesaikan Bukumu di Tahun 2016

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!