Agar Anak Hapal Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun

Agar Anak Hapal Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun

Saudaraku, inilah kiat-kiat praktis mendidik putra-putri kita hafal Al-Qur’an sebelum usia 7 tahun. Kiat-kiat ini disampaikan oleh Syeikh Dr. Kamil Al-Labudi di masjid Daarut Tauhiid Bandung hari senin pagi, setelah shalat shubuh dalam acara MQ Pagi tgl 4 Juli 2016 yang bertepatan dengan tgl 29 Ramadhan 1437 H.

Kiat-kiat ini disampaikan beliau berdasarkan pengalaman beliau dalam mendidik ketiga putra/putri beliau hafal Al-Qur’an 30 juz dalam usia 4,5 tahun. Semua putra/putri beliau hafal Al-Qur’an 30 juz sebelum usia mereka 5 tahun.

1. Tabarok hafal 30 juz ketika usianya 4,5 tahun 2. Yazid hafal 30 juz ketika usianya 4,5 tahun 3. Zainah hafal 30 juz ketika usianya 5 tahun

Inilah kiat-kiatnya:

1. Ketika anak kita lahir, dari usia 1 hari perdengarkan Al-Qur’an setiap harinya 1 juz dan ulangi sebanyak 5 kali. Ulangi terus selama satu bulan. Jadi dalam waktu 1 bulan 1 juz di ulang sebanyak 150 kali. Maka waktu yang diperlukan untuk menamatkan memperdengarkan Al-Qur’an sebanyak 30 juz hanya 30 bulan, yaitu 2,5 tahun. Ketika anak kita usianya 2,5 tahun dia sudah mendengarkan Al-Qur’an 30 juz sebanyak 150 kali.

2. Pilihlah bacaan dari para Masyaikh, para Qori yang terkenal bacaannya fasih, seperti Qori dari Mesir Syeikh Mahmud Kholil Al-Hushori, Syeikh Shiddiq Al-Minsyawi, dll. Atau para Qori dari Arab Saudi, seperti Syeikh Ali Al-Hudzaifi, Syeikh Muhammad Ayyub, dll.

3. Ketika anak kita sudah tamat mendengarkan bacaan Al-Qur’an 30 juz, maka ajarkan hafalan kepadanya. sehari setengah halaman atau satu halaman, ulangi setiap harinya sampai 5 kali.

4. Buat cara yang menarik untuk anak kita agar mau menghafal, berikan hadiah ketika bisa mencapai target.

BACA JUGA:  Cara Mengirim Naskah Buku di Penerbit Mizan Publishing House

5. Doa kepada Allah ta’ala agar di mudahkan dalam membimbing anak kita dalam proses menghafal Al-Qur’an 30 juz.

Dengan metode seperti ini, hanya perlu waktu 1,5 tahun anak kita hafal Al-Qur’an 30 juz

Mudahan-mudahan Allah ta’ala berikan karuniaNya kepada kita semua agar keluarga kita menjadi Ahlul Qur’an dan semoga putra-putri kita hafal Al-Qur’an 30 juz dan berakhlaq dengan akhlaq Al-Qur’an. Aamiin.

Akhuukum Fillaah : Roni Abu ‘Azizah

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!