Karakter, Proses, dan Evaluasi

“Karakter itu suatu perilaku yang berulang. Sesuatu berulang itu proses. Proses itu bagian yang harus dievaluasi. Lewat evaluasilah terlihat karakter yang lebih baik.” – Arda Dinata

Karakter, kata yang kerap kali diucapkan banyak orang untuk mengungkapkan kebiasaan yang dominan dilakukan seseorang. “Dasar dia memang seperti itu. Sudah jadi karakter dia. Sudah biasa yang dia lakukan. Itulah yang jadi ciri khas kepribadiannya.” Demikian sebagian ungkapan yang sering orang katakam untuk menilai seseorang.

Betul, kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang akan membentuk karakter seseorang. Proses pengulangan perilaku dan kebiasaan itulah yang akan membentuk karakter dalam diri manusia. Kebiasaan tersebut tentu dilakukannya baik secara sadar maupun tidak sadar. Dua-duanya itu punya porsi untuk membentuk karakter manusia dalam hidup kesehariannya.

Kalau direnungi lebih jauh, terbentuknya karakter seseorang itu tentu memerlukan proses. Proses itulah yang harus kita kelola dan tata dengan baik. Proses itulah sejatinya yang akan mendewasakan diri kita.

Untuk itu, nikmatilah proses itu dengan baik dan bijak. Yakni dengan terus berdayakan diri agar mampu membangun tahap-tahap hidup keseharian dengan nilai-nilai budaya yang baik. Dan berperilaku bijaksana dalam menyikapi masalah hidup yang menimpanya. Dengan bijak menyikapi masalah dan problematikan hidup itulah yang akan mendewasakan pribadi manusia.

Pada konteks inilah, kenapa dalam hidup yang kita jalani perlu dilakukan evaluasi. Sebab, evaluasi inilah langkah produktif untuk tidak saja menilai kualitas apa yang telah kita lakukan dalam hidup keseharian selama ini. Tapi, juga merupakan strategi sukses yang mesti dilakukan agar hidup kita menjadi lebih baik.

Evaluasi itu tidak hanya menilai hitam dan putih sesuatu. Evaluasi itu dasar untuk menyusun sebuah perencanaan yang memiliki kebermaknaan dan kebermanfaatan yang luar biasa. Lewat evaluasilah akan dihasilkan dokumen perencanaan yang membumi.

Yuk, kita bentuk karakter diri kita lewat proses yang baik dan bijak. Lalu, lakukan evalusi terhadap setiap proses yang telah kita laksanakan dengan baik. Dan akhirnya, kita akan tersenyum dalam menyongsong hari depan dengan optimis karena memiliki rencana yang membumi.*

BACA JUGA:  Cara Tradisional Obati Kesleo, Salah Urat dan Patah Tulang

Salam

@arda.dinata
www.ArdaDinata.com

| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |

Blog: http://www.ardadinata.com/

FB: ARDA DINATA

Twitter: @ardadinata

Instagram: @arda.dinata

Telegram: ardadinata

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!