Press "Enter" to skip to content

Membaca, Meneliti, dan Menulis

MEMBACA, MENELITI & MENULIS
=============================

Sejatinya, kita itu sebagai peneliti. Coba saja perhatikan kehidupan manusia sejak masa anak-anak. Gerak-gerik dan perilaku seorang anak-anak itu suka mengamati dan memperhatikan benda-benda yang ada di sekitarya. Perilaku mengamati dan memperhatikan itu merupakan sifat paling dasar untuk jadi seorang peneliti.
====================
Lewat perilaku mengamati dan memperhatikan terhadap sesuatu itu, tentu akan melahirkan ide dan inspirasi yang akan diteliti lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya. Ada ungkapan yang cukup familair dikalangan para peneliti, yaitu: “Peneliti itu boleh salah, tapi tidak boleh bohong.”
=================
Salah dalam waktu kita meneliti itu bukan sesuatu yang menyebabkan kiamat pada penelitian. Yakni dengan syarat kita tidak bohong. Tidak memanipulasi data sesuai apa yang kita inginkan. Biarkan fakta dan data itu apa adanya. Justru, data apa adanya itu akan bermanfaat buat peneliti selanjutnya. Artinya, hasil penelitian kita itu memberi pelajaran supaya peneliti selanjutnya itu tidak jatuh pada lubang yang sama.
====================
Selain hal itu, bagi Anda yang akan meneliti sesuatu itu merupakan suatu keharusan untuk banyak membaca tentang tema yang sesuai dengan apa yang akan kita teliti. Lewat membaca itulah ide kita akan terus diasah. Dari membacalah kita bisa mengetahui hasil-hasil penelitian sebelumnya. Jadi, hasil penelitian kita itu akan lebih komprehensif.
=====================
Setelah aktivitas aktif sebagai peneliti dilakukan: mengamati, meneliti, dan banyak membaca. Sebagai seorang peneliti itu harus menuliskan temuan-temuan dari proses dan hasil penelitiannya. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat luas menjadi tahu dari hasil penelitian yang kita lakukan dan memberi kebermanfaatan yang lebih luas lagi bagi dunia ilmu pengetahuan.
===============
Berbagilah selalu lewat tulisan terkait berbagai ilmu, pengetahuan, dan pengalaman yang kita miliki. Yakini dalam diri kita bahwa menulis (pendek sekalipun) itu akan memberi manfaat dan ilmu yang kita tulis itu akan menjadi langgeng. Yuk.., kita membaca, meneliti, dan menulis selalu!
===============
Salam…

BACA JUGA:  Menulis Memberdayakan Diri

Arda Dinata
===========
| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |

Blog: http://www.ardadinata.com/

FB: ARDA DINATA

Twitter: @ardadinata

Instagram: @arda.dinata

Telegram: ardadinata

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!