Betulkah Saya Orang Gigih?

BETULKAH SAYA ORANG GIGIH?
Banyak yang bilang kalau saya itu termasuk orang yang gigih. Apa betul kalau saya termasuk orang gigih? Lalu, aps sih arti dari kata gigih itu ya?
Saya jadi penasaran untuk mencari tahu arti dari kata gigih ini. Lalu, saya coba bertanya kepada teman akrab saya, Kang Husada.
“Kang apa sih arti orang gigih itu ya?”
Mendapat pertanyaan saya yang begitu tiba-tiba, Kang Husada sedikit kaget. Dalam kondisi yang masih tertegun menerima pertanyaan itu, ia coba mencari arti kata gigih itu lewat gawai androidnya.
“Kata gigih itu memiliki arti sebagai: tetap teguh pada pendirian atau pikiran; keras hati; mengotot. Atau kata gigih itu bisa juga berarti ulet (dalam usaha),” sambil membuka lema di kamus online bahasa Indonesia.
“Jadi, orang gigih itu berarti seseorang yang memiliki sifat tetap teguh pada pendirian atau pikiran. Arti lainnya, bisa jadi kalau memiliki cita-cita dan tujuan tertentu orang yang gigih itu selalu berusaha secara ulet, keras hati dan mengotot (tidak mudah putus asa) dalam menggapai cita-cita dan tujuannya tersebut,” penjelasan Kang Husada lebih lanjut.
“Wah…. makasih ya Kang penjelasannya itu. Saya jadi jelas sekarang apa yang dimaksud dengan orang gigih itu.” Ucapku sambil menepuk pelan pundak Kang Husada.
**
Jujur, saya bila memiliki keinginan dan cita-cita selalu gigih untuk mewujudkannya. Seperti ketika saya punya keinginan bisa menulis artikel di koran. Bagaimana saya terus-menerus berusaha untuk mewujudkannya. Sudah berapa puluh artikel yang saya buat itu ditolak redaksi. Tapi, saya tidak putus asa terus belajar memperbaiki artikel yang ditolak itu dan membuat artikel terus-menerus sampai akhirnya artikel itu dimuat di koran.
Saya tidak puas sampai di situ. Saya terus menulis artikel ke redaksi koran dan majalah lainnya hingga sekarang. Proses belajar dan mencapai cita-cita itulah yang mungkin terlihat gigih atas usaha yang dilakukan.
Atas usaha gigih saya yang dilakukan tanpa mengenal putus asa itu, alhamdulillah saat ini mulai terlihat hasilnya. Saya pun jadi terbiasa terus menulis atas ide yang terlintas dalam pikiran dan dibukukan.
Pangandaran, 2 Feb 2018
Arda Dinata
http://www.ardadinata.com/

| www.ArdaDinata.com: | Share, Reference & Education |
| Peneliti, penulis, dan motivator penulisan di media massa |

Blog: http://www.ardadinata.com/

FB: ARDA DINATA

Twitter: @ardadinata

Instagram: @arda.dinata

BACA JUGA:  Bagaimana Langkah Menulis Artikel di Media Massa
Telegram: ardadinata

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!