Jangan Paksakan Cita-citamu, Raihlah!

Jangan Paksakan Cita-citamu, Raihlah!

by. Arda Dinata
“Cita-cita itu begitu nyata. Jangan kau lepas begitu saja. Mari wujudkan segala mimpi dan asa itu bersama senyum-senyum mesra-Nya. Agar mimpimu itu mewujud bersama cita-cita di alam nyata.” (Arda Dinata).
Lebih baik angan ini aku lukis seindah sukma. Warna-warninya begitu nyata. Nyaman dan indah dipandang mata. Akhlak perilakunya pun bijaksana tanpa melukai siapa-siapa. Nyanyian mimpi itu adalah cita-cita. Inilah yang harus kita rawat, walau sekelilingmu menentangnya. 

Keindahan dan kebahagiaan itu milik mereka yang meraihnya. Bukan mereka yang menginginkannya. Lakukan apa yang telah menjadi cita-cita. Seisi dunia pun akan merestuinya tenununan cita-cita yang terus kau pelihara dan konsisten menggapainya.
Jangan risau pada manusia, sebab sesungguhnya dia tidak bisa menolong siapa-siapa. Hanya Allah yang punya kuasa. Untuk itu, serahkanlah seluruh jiwa ragamu di jalan-Nya. Maka hidupmu pun akan bahagia tidak sengsara.
Meraih cita-cita itu, bukan hanya soal kata-kata. Tetapi, cita-cita harus engkau catat dengan menuliskannya agar motivasimu berwujud perilaku dalam dunia nyata. Tulis rangkaian cita-cita dengan rincian langkah-langkah yang mesti dicapainya agar bisa kau mengevaluasinya.
Uraian langkah dan evaluasi yang kau lakukan itu bukan untuk siapa-siapa. Itu untuk mengukur kemajuanmu dalam meraih sebuah cita-cita. Yakinlah bahwa hal itu akan membentuk pola pikir dan pribadimu menjadi sosok yang penuh perhitungan yang terukur. Sebab, dengan pola seperti itu, kita bisa melihat langkah-langkah mana saja yang telah efektif dan mendukung dalam mewujudkan cita-cita. Atau sebaliknya, kita bisa memperbaiki langkah yang tidak efektif.
Terkait meraih cita-cita itu, ada satu hal yang patut dicatat, yaitu apapun langkah yang kau tempuh itu, jangan lupa mohon petunjuk dari Sang Pemilik Cita-cita itu sendiri. Serahkan hasil ikhtiar kita tersebut kepada Allah Swt lewat doa-doa harian yang kita panjatkan setiap saat. Dialah yang akan membolak-balikkan cita-cita, sebab bisa jadi cita-cita kita itu di mata Allah tidak baik bagi kita. Lalu, Allah ganti dengan cita-cita yang sesuai kebutuhan kita. Jangan paksakan cita-citamu yang Allah tidak meridhoinya!
Pangandaran, 230920
Salam…
Arda Dinata
IG: @arda.dinata

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!