Citra Kepribadian Itu Menggerakkan Hati

Citra kepribadian itu menggerakkan hati. Untuk itu mari kita bangun kualitas kepribadian dengan nilai-nilai kebaikan dan kebijaksanaan.

“Orang ini telah muncul di hadapanku karena citra kepribadian yang ada pada diriku. Citra kepribadianku tidak menyapanya, ‘Apa kabar?’ atau ‘Bagaimana kabarmu?’ Citra kepribadianku menggerakkan hatinya tanpa menggunakan kata-kata. Jika dalam kenyataannya citra kepribadianku dapat menggerakkan kata-kata hingga bisa mengantarkannya ke suatu tempat, lalu apa yang aneh dari hal itu?” (Jalaluddin Rumi).

Oleh: Arda Dinata

Sudah sejak masa kuliah, saya membiasakan diri dan berkeyakinan bahwa kata-kata perintah itu akan kalah efektif dengan alam perbuatan yang nyata. Artinya, apa yang ingin kita rubah pada seseorang itu akan jauh lebih efektif bila diri kita telah melakukannya. Sehingga kalau pun kita mengungkapkannya lewat kata-kata, maka kata-kata yang kita ucapkan itu akan memiliki kekuatan dan mengandung makna mendalam. Perbuatan itu merupakan bahasa teladan.

Dari bahasa perbuatan itu, keberadaan kata-kata perintah dan saran apa pun untuk merubah kepada orang lain akan menemukan titik sentuh yang essensial menyentuh jiwa lawan bicara kita. Daya ungkitnya akan memiliki kekuatan yang nyata. Orang tidak akan membantah dan berdalih menyanggah terhadap hal yang diperintahkan atau disampaikan tersebut.

Sebagai contoh, ketika saya berusaha untuk menerapkan kebersihan dalam keluarga. Maka yang saya lakukan adalah saya langsung memberi contoh menyapu halaman rumah agar terlihat bersih secara rutin. Inilah pola pendidikan tanpa menyuruh, tapi memberi contoh. Begitu pun, saat saya mencoba menyebarkan virus menulis (menulis itu mudah). Pada konteks ini, saya merutinkan diri menulis dengan menghasilkan tulisan secara rutin. Sehingga orang tidak akan menyangkal bahwa menulis itu hanya soal membiasakan diri dan rutin menulis secara konsisten. Itu saja! Hasilnya Allah yang menentukan.

A Group Member of:
Toko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!