Kekasih Paling Setia Itu Kamu!

Kekasih paling setia itu kamu! Siapakah kekasih paling setia itu? Dialah sosok yang setia, walaupun diri kita sudah meninggal dunia. Apakah sosok kekasih paling setia itu saat ini telah Anda miliki?

Berbicara sosok kekasih paling setia dalam kehidupan manusia, sejujurnya hal itu benar adanya. Dan hal ini harus terus kita perjuangkan selama hidup di dunia. Siapakah dia?

Kisah berikut paling tidak akan menyadarkan manusia akan sosok paling setia tersebut, sehingga harus terus diperjuangkan setiap saat. Saya dapatkan cerita ini ketika membaca buku: Percikan Hikmah: Berdialog dengan Hati Nurani (Usep Romli, 2000). Berikut kisah selengkapnya:

“Masing-masing manusia memiliki kekasih yang sangat dicintainya. Sebagian dari kekasih itu, setia menemani ketika sakit hingga mati. Sebagian mengantar hingga ke liang lahat; kemudian pulang.

Maka setiap manusia tinggal sendiri di dalam kubur. Ia hanya ditemani kekasih paling utama yang ikut menghibur diri kita di situ,” kata Hatim al-Asham.

“Siapakah kekasih yang mau berkorban itu?” tanya seseorang.

“Amal saleh, yang ketika kita hidup sulit mencintainya. Padahal setelah mati, kita sangat membutuhkannya,” jawab Hatim.

Sungguh sebuah kisah yang telah menyadarkan manusia berbudi luhur. Ialah sosok yang selalu berproyeksi ke masa depan. Masa setelah kehidupan di dunia ini.

Semoga lewat kisah singkat itu, membuka hati kesadaran siapapun yang membaca tulisan ini. Yakinlah, ini bukan suatu kebetulan. Ini adalah sudah jalan dari Allah SWT atas kebaikan-Nya kepada Anda yang membaca tulisan ini.

Jadi, jangan sia-siakan hikmah kisah ini untuk kehidupan yang lebih baik. Lakukanlah, amal saleh sesuai kadar kemampuan Anda saat ini!

Kata amal saleh berasal dari kata “amilus”, yaitu segala perbuatan yang bermanfaat bagi dirinya atau orang lain, dan sesuai dengam akal rasional, al-Qur’an serta as-Sunnah. Keimanan harus dibuktikan dengan amal saleh dan amal saleh dibuktikan dengan keimanan yang benar.

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah Pendiri Majelis Inspirasi Al-Quran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia dan kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!