Inspirasi

Chikungunya

Chikungunya adalah penyakit virus yang disebarkan oleh nyamuk. Penyakit ini menyebabkan demam dan nyeri sendi yang parah. Gejala lainnyatermasuk nyeri otot, sakit kepala, mual, kelelahan dan ruam. Secara umum, tanda-tanda klinis penyakit chikungunya ini mirip dengan demam berdarah.
Tidak ada obat untuk penyakit ini. Pengobatan difokuskan pada menghilangkan gejala-gejalanya. Adanya kedekatan tempat perkembangbiakan nyamuk denga tempat tinggal manusia merupakan faktor risiko yang signifikan untuk chikungunya.
Penyakit ini terjadi di Afrika, Asia dan benua India. Dalam beberapa dekade terakhir vektor nyamuk chikungunya telah menyebar ke Eropa dan Amerika. Pada tahun 2007, penularan penyakit dilaporkan untuk pertama kalinya di Eropa, dalam sebuah wabah lokal di Utara-Timur Italia.

 Chikungunya adalah penyakit yang ditularkan nyamuk. Virusnyapertama kali dianalisa pada saat wabah di Selatan Tanzania pada tahun 1952. Ini adalah alphavirusdari keluarga Togaviridae. Nama ‘chikungunya’ berasal dari akar kata kerja dalam bahasa Kimakonde, yang berarti “untuk menjadi berkerut” dan menggambarkan penampilan bungkuk penderita dengan nyeri sendi.

Arda Dinata adalah Peneliti Kesehatan dan Penulis Buku “BERSAHABAT DENGAN NYAMUK: Jurus Jitu Atasi Penyakit Bersumber Nyamuk.”
BACA JUGA:  Cegah Covid-19 dengan Tingkatkan Imunitas Tubuh

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!