Inspirasi

FORMULA KESUKSESAN

SUKSES. Kata yang terdiri dari enam huruf ini adalah sesuatu yang gampang diucapkan, tapi tidak mudah meraihnya. Siapa pun manusia di dunia ini, mengharapkan dirinya menjadi ‘sukses’ dalam hal yang baik tentunya.

Oleh: Arda Dinata

Toha Nasrudin (1998) dalam buku berjudul “Nota Sukses” menyatakan, “Mereka yang berpikir sukses, akan memandang peluang bisnis sebagai ‘barang berharga’, pesaing sebagai motivator, dan kegagalan dijadikan sebagai batu loncatan untuk berbuat lebih baik lagi di masa mendatang. Baginya tidak ada kata ‘tidak’, sukses adalah bagian dari hidupnya yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan siap berjuang apapun pengorbanannya.”

Kesuksesan dapat kita raih, bukan saja berpondasikan niat semata. Lebih dari itu, kesuksesan dapat diraih melalui proses yang panjang dan melelahkan. Sehingga hanya orang-orang tertentu yang bisa meraih dan menggondol nilai kesuksesan tersebut.

Untuk menghantarkan seseorang mencapai puncak kesuksesan, tentu ada beberapa formula yang membentuknya. Formula ini tentu saja bukan sebuah harga mati. Yang pasti, formula ini didapat dari sebuah perenungan dan penelaahan penulis dari orang-orang sukses.

KERJA PIKIR + KERJA HATI + KERJA FISIK + DOA = SUKSES

Formula kesuksesan seseorang dibentuk oleh kerja pikir (KP), kerja hati (KH), kerja fisik (KF), doa dan faktor x (keberkahan). Kerja pikir merupakan modal awal kesuksesan seseorang. Setiap manusia pada dasarnya berpotensi untuk mencapai kesuksesan. Tapi, hanya orang-orang berpikir yang dapat menguasai hidup dan mencapai kesuksesan.

Hal tersebut didasarkan akan nikmat ‘otak’ yang diberikan penguasa hidup ini hanya kepada manusia. Tentu, manusia yang mampu menggunakan pikirnya dalam membaca hidup ini, baik yang tersurat maupun tersirat, maka ia akan selalu berusaha bersikap positif terhadap sesuatu yang terjadi pada dirinya. Langkah hidupnya selalu didasarkan pada pola pikir yang terbentuk dari pembacaan dan perenungan hatinya.

BACA JUGA:  Hikmah Puasa Sebagai Terapi Menuju Sehat

Di sinilah perlunya kerja hati. Setelah kita memfungsikan kerja pikir dalam usaha mencapai kesuksesan. Mengapa ? Karena hati kita pada dasarnya berperan memfilter setiap pikir yang direspon oleh otak.

Secara hakiki kebenaran dan keadilan itu tidak terdapat di mana-mana, tetapi ada pada hati sanubari manusia sendiri. Hati kita (kolbu) merupakan intuisi yang sangat fitroh atas kebenaran sesuatu. Orang yang sukses, tentu ia tidak hanya mengerahkan segenap pikirnya. Tapi lebih dari itu, ia juga mengkonsulkan pola pikir kesuksesan sesuatunya itu kepada hati. Baru kemudian ia demonstrasikan melalui kerja fisik.

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!