InspirasiMotivasi

Mengarungi Keputusan, Berpikirlah dengan Baik

Mengarungi keputusan dalam hidup itu dengan bijaksana. Berpikirlah dengan baik sebelum bertindak, maka hidup Anda akan selamat.

Oleh: Arda Dinata

peta kesuksesan

Hidup ini perlu kecakapan dalam mengarungi keputusan. Ada saat-saat dalam hidup kita di mana kita dihadapkan pada keputusan penting yang dapat membawa dampak jangka panjang bagi masa depan kita. Di tengah-tengah kebimbangan dan tekanan, sering kali kita merasa tergesa-gesa untuk mengambil tindakan tanpa memikirkan konsekuensinya secara matang.

Namun, dalam setiap langkah yang kita ambil, penting untuk mengingat pepatah lama yang bijaksana: “berpikirlah dengan baik sebelum bertindak.” Mari kita telusuri bersama kisah-kisah yang menginspirasi tentang pentingnya membuat keputusan yang tepat dalam artikel ini.

Bersiaplah untuk merenung dan memetik pelajaran berharga untuk dijadikan pedoman dalam hidup dalam mengarungi keputusan.

Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah artikel ini dan mengikuti kami di saluran WhatsApp “ProduktifMenulis.com (Group)” dengan klik link ini: WhatsApp ProduktifMenulis.com (Group) untuk mendapatkan info artikel terbaru.

Mengenal Dampak dari Setiap Langkah

Cerita dimulai di sebuah desa kecil yang terletak di lereng gunung yang indah. Di desa tersebut, hiduplah seorang pemuda bernama Andi yang selalu dikenal sebagai sosok yang cerdas dan berani.

Suatu hari, Andi dihadapkan pada sebuah pilihan yang sulit: apakah dia harus melanjutkan pendidikannya di kota besar atau tetap tinggal di desa untuk membantu keluarganya? Meskipun merasa tergoda untuk mengejar mimpi-mimpi besar di kota, Andi menyadari pentingnya mempertimbangkan dampak dari setiap langkah yang akan dia ambil.

Menimbang Pro dan Kontra dengan Bijak

Andi mulai menimbang pro dan kontra dari masing-masing pilihan yang ada di hadapannya. Dia menyadari bahwa melanjutkan pendidikan di kota besar akan membuka peluang baru baginya, tetapi juga akan memisahkan dia dari keluarga dan lingkungan yang dicintainya.

BACA JUGA:  Menulis Memberdayakan Diri

Di sisi lain, tinggal di desa akan memungkinkan Andi untuk tetap dekat dengan keluarganya dan terlibat dalam kehidupan masyarakat, tetapi juga akan membatasi peluangnya untuk pertumbuhan dan perkembangan pribadi. Andi menyadari bahwa dia harus membuat keputusan yang tidak hanya menguntungkan dirinya sendiri, tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

Memahami Nilai dari Kesabaran dan Kontemplasi

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah Pendiri Majelis Inspirasi Al-Quran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia dan kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!