Inspirasi

Menjadi Wirausaha Mandiri

MANDIRI merupakan sebuah predikat yang didambakan oleh setiap manusia, termasuk seorang wirausahawan. Mandiri berarti berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang lain. 

Oleh: Arda Dinata

Untuk mewujudkan mimpi menjadi wirausahawan mandiri, tentu bukan hal yang mudah dan instan. Tapi, ia terbentuk oleh usaha yang terus menerus dan maksimal dalam melakukan langkah-langkah suksesnya menjalankan wirausaha. 

MANDIRI merupakan sebuah predikat yang didambakan oleh setiap manusia, termasuk seorang wirausahawan. Mandiri berarti berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang lain. Sehingga pantas saja, Gede Prama pernah mengungkapkan bahwa wirausahawan adalah seorang ‘pakar’ tentang dirinya sendiri. Dan seorang wirausaha itu berani memaksa diri untuk menjadi pelayan orang lain.

Sifat dasar seperti itu, tentu harus dibangun sejak dini bagi mereka yang mendambakan kemandirian berwirausaha. Berkait dengan itu, menurut Lilly H Setiono, untuk menjadi seorang wirausahawan mandiri, berbagai jenis modal mesti dimiliki. Ada tiga jenis modal utama yang menjadi syaratnya, yaitu:

  • Sumber daya internal yang merupakan bagian dari pribadi calon wirausahawan. Misalnya kepintaran, ketrampilan, kemampuan menganalisa dan menghitung risiko, keberanian atau visi jauh ke depan.
  • Sumber daya eksternal, misalnya uang yang cukup untuk membiayai modal usaha dan modal kerja, social network dan jalur demand/supply, dan lain sebagainya.
  • Faktor X, misalnya kesempatan dan keberuntungan.

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!