Inspirasi

Sistem Penularan Penyakit Bersumber Binatang

Selain pengetahuan tentang proses terjadinya suatu penyakit, kita juga perlu memahami bagaimana suatu penyakit itu dapat menular kepada orang lain. Dalam tulisan ini, penulis mencoba fokuskan pada penularan penyakit bersumber binatang.

Menyangkut sistem penularan ini, kita tahu bahwa di alam perputaran penyakit (patogen) terjadi antara manusia penderita, penyakit, dan vektor. Dan kalau ada inang reservoir ikut berperan, selain perputaran tersebut, juga ada perputaran antara inang reservoir dengan vektor.

Dalam hal ini, menyangkut sistem tersebut, menurut Singgih H. Sigit (2006), dari Bagian Parasitologi dan Entomologi Kesehatan FKH IPB, sebenarnya terdapat lima subsistem. 

Pertama, hubungan timbal balik antara patogen dan reservoir. 

Kedua, hubungan timbal balik antara vektor dan reservoir. 

Ketiga, hubungan timbal balik antara patogen dan vektor. 

Keempat, hubungan timbal balik antara vektor dan manusia. 

Kelima, hubungan timbal balik antara patogen dan manusia. 

Lebih jauh, diungkapkan Sigit, di dalam masing-masing subsistem itu bioekologi memainkan peranan menentukan. Bioekologi sangat instrumental menjawab berbagai pertanyaan menyangkut hubungan timbal balik itu.

Arda Dinata adalah Peneliti Kesehatan dan Penulis Buku “BERSAHABAT DENGAN NYAMUK: Jurus Jitu Atasi Penyakit Bersumber Nyamuk.”
BACA JUGA:  Perhatikanlah Anak-Anakmu

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!