Kesehatan

Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri

Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek

Pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.
Keberhasilan pembangunan kesehatan sangat di tentukan oleh kesinambungan antar-upaya program dan sektor, serta kesinambungan dengan upaya-upaya yang telah dilaksanakan.

Indonesia Sehat

Dengan berlandaskan prinsip integrasi dan keterkaitan, pada periode 2015-2019 Kementerian Kesehatan menggalakkan kembali Paradigma Sehat sesuai dengan Nawa Cita, Program Indonesia Sehat dengan Sasaran meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan mencegah masyarakat terkena penyakit. Upaya Paradigma Sehat yang dilakukan adalah mengubah pola pikir masyarakat untuk hidup sehat dan pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, Daya ungkitnya adalah status gizi masyarakat.

Kepentingan pangan merupakan hal yang mendasar bagi kehidupan manusia, selain pengetahuan tentang gizi, juga perlu dipikirkan ketahanan pangan. Kesemua ini untuk membuat manusia sebagai aset bangsa alau human capital. Artinya gizi alan pangan bukan merupakan tugas Kementerian Kesehatan semata, tetapi lintas kementerian dan lembaga.

Koordinasi dan melakukan untuk gizi ini secara lintas sektor jelas diperlukan. Road map Kementerian Kesehatan dalam sistem rujukan memperkuat di layanan .kesehatan primer secara berjenjang melakukan rujukan jika diperlukan ke layanan kesehatan sekunder dan kemudian tersier bagi kasus berkomplikasi. Layanan kesehatan primer harus profesional diisi oleh tenaga kesehatan yang berkualitas dan proaktif menjaga setiap individu dalam keluarga.

Tenaga-tenaga profesional sial ini perlu pembenahan kembali khususnya dalam bidang kesehatan, sebagai tanggung jawab yang terletak di hulu. Aksi konkret yang dilakukan menjadi bagian dari upaya-upaya strategis pemerintah untuk memeratakan dampak positif dalam pembangunan pada seluruh masyarakat. Sesuai dengan Nawa Cita Presiden Joko Widodo, membangun dari daerah perifer, Kementerian Kesehatan meluncurkan program Nusantara Sehat.

BACA JUGA:  Buku Gratis: PEDOMAN KRITERIA TEKNOLOGI PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS RAMAH LINGKUNGAN

Melalui program ini. pemerintah, melalui Kementerian Kesehatan memanggil profesional muda untuk mengabdi selama 2 tahun untuk berada di masyarakat di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan. Tim yang terdiri alas kolaborasi antarprofesi bidang kesehatan bekerja memperkuat layanan kesehatan primer di 120 puskesmas yang berada di daerah-daerah paling terpencil di Indonesia sebagai aset dalam meningkalkan layanan kesehatan bagi masyarakat luas.

Masyarakat didukung dengan perlindungan finansial melalui Jaminan Kesehatan Nasional dengan memakai Kartu Indonesia Sehat dan pemerataan pelayanan kesehatan dengan memperhatikan status tenaga kesehatan serta pendistribusiannya.

Tiga pilar ulama Gerakan Indonesia Sehat yaitu H pilar paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan promotif preventif dan pemberdayaan masyarakat; 2) pilar penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan dan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, menggunakan pendekatan continuum of care alau daur kehidupan dan intervensi berbasis risiko kesehatan; a) sementara itu, pilar jaminan kesehatan nasional dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan benefit serta kendali mutu dan kendali biaya.

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!