Inspirasi

Merancang Anti Virus yang Efektif

SAAT ini, penyakit yang disebabkan oleh virus masih sering terjadi di sekitar kita. Yang terakhir, masyarakat masih dihantui rasa ketakutan akibat merebaknya kasus flu burung, yang disebabkan oleh virus Avian Influenza/AI. Padahal, seharusnya kita jangan terlalu cemas, asalkan kita tetap waspada dan mengetahui bagaimana virus itu menyebabkan maupun menyebarkan penyakit pada seseorang.

Oleh: Arda Dinata

Secara umum, untuk menimbulkan penyakit pada seseorang, virus harus memasuki suatu inang. Inangnya bisa tubuh manusia sendiri atau mahluk hidup lain. Selanjutnya, setelah masuk inang, ia berkontak dengan sel yang rentan, berepliksi, dan merusak sel-sel. Dalam banyak kasus infeksi virus, proses seperti itu belum banyak diketahui. Walau demikian, penelitian genetika dan biokimia akhirnya memberikan pengertian mengenai patogenesis virus pada tingkat molekuler.

Berikut ini merupakan langkah-langkah khusus yang terjadi pada patogenesis virus.

1. Masuknya virus dan replikasi primer. Agar infeksi inang dapat terjadi, virus mula-mula harus melekat dan memasuki sel dari suatu permukaan kulit tubuh, saluran pernafasan, saluran pencernaan, saluran kemih, atau konjungtivita. Dan sebagian besar dari virus itu memasuki inang melalui mukosa saluran pernafasan atau saluran pencernaan, kecuali virus yang melalui aliran darah (seperti hepatitis B, HIV) atau melalui vector serangga (arbovirus).

Pada umumnya virus itu bereplikasi pada tempat masuk primer. Beberapa virus, seperti virus influenza (infeksi saluran nafas) dan ratovirus (infeksi saluran pencernaan), menimbulkan penyakit pada pintu masuk dan tidak memerlukan penyebaran sistemik.

2. Penyebaran virus. Banyak virus menimbulkan penyakit pada tempat yang jauh dari tempat masuknya (contoh, enterovirus masuk melalui saluran pencernaan tetapi menimbulkan penyakit pada system saraf pusat). Setelah replikasi primer di tempat masuknya, virus ini menyebarkan ke dalam tubuh inang. Mekanisme penyebaran virus ini beragam, tetapi jalur yang paling umum adalah melalui aliran darah/getah bening.

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!