Catatan HarianInspirasiMotivasiOpini

Merubah Perilaku Lewat Membangun Diri

Merubah perilaku lewat membangun diri, inilah kata kunci yang akan menggerakkan perubahan dalam diri seseorang. Sebab, perilaku seseorang itu, sesungguhnya tidak mudah diubah kecuali oleh dirinya sendiri. Bagaimana cara mengubahnya, mari terus baca artikel ini sampai habis!

Oleh: Arda Dinata

Perilaku tiap orang berbeda-beda. Perilaku itu terbentuk dari serangkaian tindakan yang dilakukan oleh seseorang secara terus menerus, yang selanjutnya ia akan menjadi kebiasaan hidup dalam kesehariannya.

Secara pengertian perilaku itu merupakan tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai rangkaian tingkah pola yang telah membentuknya selama usianya, antara lain terkait: berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, belajar, menulis, membaca, dan aktivitas harian lainnya.

Rangkaian akumulasi kegiatan yang dilakukannya setiap hari itulah merupakan benih-benih yang menumbuhkan dan mengkukuhkan predikat perilaku seseorang. Tepatnya, faktor-faktor yang memegang peranan dalam pembentukan perilaku ini dapat dibedakan atas faktor dari dalam diri seseorang (intern) dan faktor dari luar dirinya (ekstern).

Secara intern, hal yang akan membentuk perilaku seseorang itu dipengaruhi oleh kecerdasan, persepsi, motivasi, minat, emosi, dan lainnya yang ada dalam diri seseorang. Keberadaan semua itu akan berperan dalam memproses informasi yang datang dari luar sebelum nantinya menjadi wujud tindakan dan sikap hidup yang diperlihatkan lewat perilaku sehari-hari.

Untuk faktor ekstern, hal yang memiliki kontribusi dalam mempengaruhi wujud perilaku seseorang, antara lain adalah pengaruh dari orang di sekitarnya, kelompok pergaulannya, obyek yang menjadi tontonan dan kebiasaannya. Bahkan, tidak ketinggalan ialah hasil-hasil kebudayaan lainnya yang memiliki pengaruh dalam pembentukan pola pikirnya.

Langkah Merubah Perilaku

Merubah Perilaku Lewat Membangun Diri
Ilustrasi: Merubah perilaku lewat membangun diri, inilah kata kunci yang akan menggerakkan perubahan dalam diri seseorang (sumber foto: unsplash/@satifilm_).

Walau tidak mudah untuk merubah perilaku seseorang. Tapi, sesungguhnya hal ini dapat diubah dengan cara membangun dirinya sendiri secara benar.

BACA JUGA:  Melangkah dengan Inspirasi: Hidup dalam Syair Kesuksesan

Membangun diri ini, tidak lain adalah bagaimana ia melakukan motivasi terhadap dirinya sendiri. Motivasi diri ialah kemampuan untuk mendorong diri sendiri untuk mengambil inisiatif atau melakukan tindakan demi meraih suatu tujuan. Artinya, dorongan itu datangnya dari dalam diri kita sendiri, bukan datang dari luar dirinya (orang lain).

Jadi, membangun diri lewat menanamkan motivasi diri yang berlebih adalah menjadi kata kunci untuk dapat merubah perilaku seseorang. Menurut saya, paling tidak ada 5 langkah yang patut dikuasai dan dilakukan seseorang yang ingin merubah perilaku lewat membangun diri agar memiliki derajat motivasi diri yang kuat.

Belajar.

Langkah pertama, kita harus selalu belajar. Belajar ialah suatu proses untuk mendapatkan informasi. Semakin kita banyak belajar, maka informasi yang sampai dalam pikiran kita semakin banyak. Dampak dari beljar ini, kita akan mendapatkan informasi yang berlimpah dan hal ini menjadi modal untuk diolah menjadi data informasi yang bermanfaat.

Informasi.

Kalau belajar itu merupakan proses untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya informasi. Maka, informasi itu sendiri tidak lain adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang memiliki arti bagi diri seseorang.

Artinya, data terolah dari informasi itu akan bermanfaat dalam pengambilan sebuah keputusan dalam hidup seseorang. Kemampuan mengolah informasi menjadi data yang bermanfaat itulah yang akan mempengaruhi perubahan perilaku seseorang. Jadi, informasi itu mampu mengubah paradigma seseorang.

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah Pendiri Majelis Inspirasi Al-Quran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia dan kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!