InspirasiMotivasi

Hasrat dan Energi

Hasrat dan energi, inilah yang menggerakkan seseorang beraktivitas penuh gairah dan energi. Hasratnya akan terus menyala dalam hidup keseharian.

“Tanpa hasrat yang kuat Anda tak akan punya cukup energi. Tanpa energi, Anda tak punya apa-apa.” (Donald Trump).

Oleh: Arda Dinata

Aku tersenyum mesra bersama pagi yang indah menyapa. Pagi itu menggairahkan pada pikiran yang penuh hasrat. Kekuatannya terus bersemangat memotivasi diri. Seluruh daya dalam diri memberi energi untuk terus berlari mengejar mimpi. Tumpukkan mimpi inilah yang memberi solusi untuk terus berprestasi.

Betapa indahnya kondisi tersebut, bila terus hadir dalam hidup seseorang tiap harinya. Sebab, hasrat dan energi itulah yang menggerakkan seseorang untuk bergairah melakukan aktivitas dalam perilaku kesehariannya.

Sebenarnya, apa hasrat dan energi itu? Lalu, apa yang mesti dilakukan agar keberadaan hasrat dan energi itu selalu hadir dalam kehidupan Anda?

Hasrat Itu Sumber Energi

Hasrat itu, tidak lain adalah keinginan (harapan) yang kuat dan mendesak untuk melakukan perbuatan tertentu. Hasrat ini muncul akibat minat maupun ketertarikan pada bidang atau hal-hal tertentu. Nah, orang-orang yang melakukan hasratnya itu, ia akan merasa senang dibuatnya.

Adapun bahaya kehadiran hasrat itu, bila diri kita tidak mampu mengendalikan terhadap jenis hasrat yang hadir dalam diri seseorang tersebut. Sebab, pada dasarnya hasrat itu berisi semua keinginan manusia. Mulai dari hal-hal yang baik sampai dengan negatif.

Atas dasar itulah, tiap manusia itu memiliki hasrat yang berbeda-beda. Tugas tiap orang itu, sejatinya adalah bagaimana mengendalikan hasrat negatif itu untuk diarahkan kepada hal-hal yang positif. Walau hal ini kadang susah dikendalikan. Tapi, dengan membiasakan diri terus melatih hadirnya hasrat yang bernilai positif, maka saya yakin diri kita nantinya akan mampu mengendalikan gejolak jiwa tersebut. Yakni, menggantinya dengan hasrat yang bernilai positif bagi kesuksesan hidup kita.

BACA JUGA:  Terhindari dari Ketergantungan Duniawi

Sementara itu, kata energi sendiri berarti sebuah kemampuan untuk melakukan kerja aktif atau berdaya (daya kekuatan) yang bisa dipakai untuk melakukan berbagai proses kegiatan tertentu. Kekuatan energi dalam hidup ini, bisa mengakibatkan terjadinya perubahan posisi, gerak, suhu, wujud, bahkan perubahan pada makhluk hidup (termasuk adanya tumbuh dan berkembang).

Lebih jauh, keberadaan kekuatan energi ini, tentu sangat dibutuhkan dalam diri seseorang. Kehadiran energi dalam hidup manusia akan memberi kekuatan berlebih untuk melakukan aktivitas hariannya. Energi positif inilah yang akan melawan rasa malas dan tak berdaya dalam hidup manusia.

Pada konteks ini, keberadaan energilah yang mampu menggerakkan hasrat yang muncul dalam diri seseorang. Inilah sebuah kekuatan yang selalu didambakan pada setiap orang. Lewat energi, hasrat positif seseorang akan menemukan tumpuannya untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Begitu pun sebaliknya, kata Donald Trump, “Tanpa hasrat yang kuat, Anda tak akan punya cukup energi. Tanpa energi, Anda tak punya apa-apa.” Jadi, kedua kata tersebut saling terkait dan memengaruhi kualitas diri seseorang dalam menyikapi kehidupan ini. Tepatnya, hadirnya hasrat dan energi positif itu akan menjadikan seseorang dalam hidupnya menjadi berdaya dan penuh gairah.

Arda Dinata

*Arda Dinata, adalah Pendiri Majelis Inspirasi Al-Quran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia dan kolomnis tetap di Sanitarian Indonesia (http://insanitarian.com). Aktivitas hariannya sebagai peneliti, sanitarian, dan penanggungjawab Laboratorium Kesehatan Lingkungan, tinggal di Pangandaran.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!