Jurnalistik

Menulis Membiasakan Menulis

SEORANG temen FB menanyakan kepada saya, “Wilujeng enjing kang Arda…damang..? Macet bae geuning menulis teh simkuring mah,” begitu tulisnya

Oleh: Arda Dinata

 Lalu, saya jawab, “Selamat pagi…. Alhamdulillah baik, ngak apa2 terus aja menulis. Menulis apa aja dulu, agar syaraf-syaraf tangannya berkembang dan terbiasa menulis. Nanti kalau udah terbiasa menulis baru diarahkan ke bentuk tulisan yang lebih spesifik.”

Sahabat….

Memang menulis itu butuh pembiasaan terus menerus. Jangan pernah bosan kita untuk terus berlatih menulis. Apa pun bentuk tulisannya. Yang penting bentuk tulisan. Nanti juga lambat laun pola pikir kita akan terbentuk seiring dengan kualitas kebiasaan membaca yang baik dari diri kita.

Untuk itu, biasakan membaca sebelum menulis.
Menulislah dengan cara menuliskan apa yang ada di pikiran kita, bukan memikirkan apa yang ingin kita tulis. Artinya, sebelum menulis kita harus banyak membaca terkait tema tulisan yang akan kita kembangkan.

BACA JUGA:  Rahasia Memulai Menulis

admin

www.ArdaDinata.com adalah blog catatan dari seorang penulis merdeka, Arda Dinata yang dikelola secara profesional oleh Arda Publishing House.

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!